Mengenal Windows Task Manager

What You Need : Microsoft Windows

Windows Task Manager adalah sebuah aplikasi yang menampilkan informasi detail tentang aplikasi yang sedang berjalan, penggunaan CPU, informasi memory, aktivitas jaringan, dan lain-lain. Windows Task Manager hanya ada di keluarga Windows NT. Di dalam Windows Task Manager sebenarnya ada 5 tab di Windows XP, dan 6 tab di Windows Vista. Di XP ada Applications, Processes, Performance, Networking, dan User. Di Vista ada Applications, Processes, Services, Performance, Networking, dan User. Windows Task Manager bisa dimunculkan dengan cara menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc.

1. Tab Applications
Tab ini berisi daftar aplikasi yang sedang berjalan saat itu. Umumnya, aplikasi-aplikasi yang muncul di situ adalah aplikasi yang muncul juga di taskbar.

Jika Anda mengklik kanan salah satu aplikasi itu, akan muncul beberapa opsi. Misalnya saja opsi End Task yang akan mematikan aplikasi yang dimaksud. Atau opsi Go To Process yang akan menunjukkan proses yang berkaitan dengan aplikasi yang ditunjuk.

2. Tab Processes

Di dalam tab ini, menunjukkan semua proses yang sedang berjalan di dalam sistem, termasuk service, dan proses dari user account lain jika ada. Proses bisa berupa aplikasi yang sedang berjalan atau aplikasi yang berjalan di background. Di sini, Anda juga bisa melihat jumlah memory yang dipakai oleh aplikasi atau service.

Secara default, kolom yang ditampilkan di tab Processes hanya Image Name, User Name, CPU, dan Mem Usage. Padahal tidak hanya itu saja, Anda bisa menampilkan informasi-informasi lain seperti CPU Time, Page Faults, Virtual Memory Size, dan masih banyak lagi lainnya.

Caranya adalah dengan memilih menu View, Select Columns.

Jika salah satu proses itu di klik kanan, lalu pilih misalnya Set Affinity, berfungsi untuk menentukan CPU mana yang akan dipakai untuk menjalankan proses. Set Affinity ini hanya muncul apabila processor yang dipakai adalah dual core. Kemudian ada juga opsi End Process yang menyuruh Windows untuk segera menghentikan proses yang sedang berjalan. Berbeda dengan End Task, pada End Process, aplikasi itu tidak diberi kesempatan untuk menampilkan peringatan sebelum dimatikan.

3. Tab Services

Tab ini hanya ada di Windows Vista dan berfungsi menampilkan semua service yang ada di Windows, baik yang aktif maupun yang tidak aktif. Semua service yang sedang aktif berkaitan langsung dengan proses yang sedang berjalan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa klik kanan service yang aktif, misalnya Eventlog, dan pilih Go to Process.

Maka tab akan langsung berpindah ke tab Process, dan menunjukkan proses yang berkaitan. Dalam hal ini adalah salah satu dari proses svchost.exe.

4. Tab Performance

Tab ini menampilkan statistik keseluruhan dari performa sistem. Yang pa ling terlihat jelas adalah statistik penggunaan CPU, dan banyaknya memory yang dipakai. Karena ter dapat histogram yang me nunjukkan kedua hal itu .

Pada histogram CPU Usage, secara default menampilkan user mode dengan tampilan warna hijau. User mode ini menunjukkan tempat berjalannya aplikasi. Sementara ada satu mode lagi, yaitu kernel mode yang menunjukkan tempat berjalannya driver dan bagian-bagian inti sistem operasi. Kernel mode bisa turut ditampilkan dengan cara mengklik menu View, Show Kernel Times. Setelah itu, akan muncul grafik merah di histogram tersebut.

5. Tab Networking


Tab ini menampilkan statistik yang berhubungan dengan adapter jaringan yang ada di komputer tersebut. Secara default, kolom-kolom yang ditampilkan hanya nama adapter, persentase, kecepatan link, dan status adapter-nya. Tapi bila ingin lebih lengkap lagi, coba klik menu View, Select Columns. Anda bi sa menambahkan kolom informasi yang ingin ditampilkan.

6. Tab Users

Tab users menampilkan semua user yang saat itu sedang login di komputer. Di komputer server, mungkin ada beberapa user yang terhubung sekaligus user-user itu bisa dilihat disini. Jika ada user yang ingin diputus hubungannya, tinggal klik tombol Disconnect.

Sumber : PCMild.08.09

2 Comments to “Mengenal Windows Task Manager”

  1. terimkasih sebelumnya tentang penggunaan task manager. saya mau tanya kang laptop saya pas starup agak lemot. jadi windos security Alertsnya lama runningnya paling running setelah 5 menit.

    sebelumnya saya pernah cek pas starup sebelum windows security running saya langsung buka task manager nah disana semua program tidak ada usernamenya. tapi setelah windows security nya running saya buka task manager lagi baru muncul usernamenya. kenapa ya? apakah laptopnya ada virusnya? tapi semua program bawaan windows (run, regedit, msconfig, dll) bisa dibuka alias normal.

    terimakasih sebelumnya. mohon pencerahaannya

  2. bisa ngecek virus ngak di task manager ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: