Menginstal Paket Software

What You Need :
– Linux mint (Ubuntu based)

Linux Mint telah dilengkapi dengan aplikasi Synaptic Package Manager yang mempermudah Anda untuk menambahkan alamat repositori paket, atau menambah dan menghapus paket aplikasi di BlankOn. Berikut penjelasan cara menggunakan Synaptic Package Manager.

1. Untuk mulai menjalankan aplikasi ini, Synaptic Package Manager dapat ditemukan dari panel menu > Synaptic Package Manager. Masukkan password pada halaman konfirmasi password, dan akan ditampilkan halaman Synaptic Package Manager.

2. Sebelum melakukan proses menambah paket aplikasi, terlebih dahulu Anda harus menambah daftar repositori paket yang ingin digunakan. Terdapat beberapa alternatif repositori yang dapat Anda pilih:
– Repositori paket dari DVD repositori
Cara ini dapat dipilih jika Anda ingin melakukan penambahan paket dari DVD repositori. DVD repositori Ubuntu 10.04 yang lengkap dapat Anda download dari url ftp://kambing.ui.edu/pub/ubuntu-repository/intrepid/, atau Anda order dari beberapa toko online Linux seperti http://baliwae.com, http://tokoku-online.com, atau http://gudanglinux.com.

– Repositori paket di Internet
Langkah ini dapat dipilih jika Anda memiliki koneksi Internet yang tidak terbatas.

3. Sebelum mencoba instalasi paket dari repository-repository di atas, backup dahulu file /etc/apt/sources.list dengan menggunakan perintah berikut:
$ sudo mv /etc/apt/sources.list
/etc/apt/sources.list_back_up
$ sudo touch /etc/apt/sources.list

4. Setelah mem-back-up file /etc/apt/sources.list dan membuat file /etc/apt/sources.list yang masih kosong, Anda dapat melakukan penambahan repositori paket sebagai berikut:

– Dari halaman Synaptic Package Manager, pilih menu Setting | Repositories. Akan tampil halaman “Software Source“.

Selanjutnya, klik Tab “Other Software“. Untuk menambah paket repositori paket dari DVD repositori, klik button “Add CD-ROM“. Saat tampil halaman konfirmasi “Please insert a disk in the drive:“, masukan DVD repositori yang telah Anda miliki, kemudian klik “OK“. Tunggu sejenak dan indeks paket dalam DVD  repositori akan segera dilakukan. Ulangi langkah ini untuk semua DVD repositori Ubuntu yang telah Anda miliki.

– Selain dari DVD repositori, Anda juga dapat menggunakan repositori paket di Internet dari daftar repositori lokal/IIX di Internet. Sebagai contoh, dari url http://indra.chaidir.info/2008/11/repository-ubuntu-810-intrepid-ibex-indonesia/, Anda dapat melihat daftar repositori Ubuntu lokal di kambing.ui.edu sebagai berikut:
# kambing.ui.edu (UI, Telkom, Indosat, OpenIXP,INHERENT)
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid main
restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-updates main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-security main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-backports main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-proposed main restricted universe multiverse

Masih pada Tab “Other Software“, masukkan satu per satu daftar repositori tersebut dengan cara klik button Add. Setelah itu, pada halaman APT line, masukan satu baris url repositori lokal Ubuntu di atas pada kotak tersebut (misalnya, deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid main restricted universe multiverse), lalu klik “Add Source“. Ulangi langkah tersebut hingga semua baris terindeks seluruhnya.

– Untuk penggunaan repositori Ubuntu pada jaringan LAN, tekniknya sama dengan penggunaan repositori paket dari repositori lokal di Internet. Hanya tinggal di sesuaikan dengan alamat repositori yang sudah terdapat pada jaringan LAN Anda.

5. Setelah selesai menambahkan daftar repositori yang ingin digunakan, klik “Close” untuk keluar dari halaman “Software Source“. Setelah kembali ke halaman Synaptic Package Manajer, klik button “Reload” untuk membaca ulang seluruh indeks paket yang terdapat pada daftar repositori yang telah ditambahkan.

6. Kini Anda sudah siap melakukan proses menambah/menghapus paket dari Synaptic Package Manager. Untuk mempermudah pencarian paket, masukan nama paket yang diinginkan pada button “Search“. Untuk menginstalasi paket, Anda cukup memberi tanda centang (v) pada paket yang ingin diinstal, dengan cara klik kanan pada paket tersebut lalu pilih “Mark For Instalation”. Jika ada ketergantungan dengan paket yang lain, maka Synaptic secara otomatis akan mencarikan ketergantungan paket tersebut. Klik “Apply” untuk segera menginstalasikan  paket yang telah dipilih.(info linux)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: