Panduan Instalasi Linux Mint 9 (Isodora)

What You Need :
– Live CD Linux Mint (Free)
Downloads (679MB)

Dengan menyertakan sejumlah perbaikan bugs dan sejumlah aplikasi dengan versi terbaru, Linux Mint 9 membawa warna baru dari versi distro sebelumnya. Berikut tahapan instalasi Linux mint 9 dan sejumlah tips mengubah desktop Linux Mint 9.

Tahapan instalasi
Seperti proses instalasi distro lain pada umumnya, sebelum melakukan proses instalasi pastikan harddisk Anda sudah memiliki partisi kosong, atau partisi yang masih memiliki ruang kosong untuk dipartisi. Ukuran partisi yang diperlukan minimal 5 GB. Pastikan Anda telah melakukan proses backup data terlebih dahulu sebelum melakukan proses instalasi.
1. Masukkan CD Linux Mint 9 ke dalam tray drive CD-ROM. Jika komputer belum langsung boot melalui CD, reboot komputer dan atur urutan First-Boot pada BIOS dari CD/DVD.

2. Tunggu beberapa saat hingga installer Linux Mint 9 menampilkan pilihan boot seperti terlihat pada Gambar berikut. Pilih option “Install Linux Mint” dan tekan Enter untuk proses instalasi.

3. Pada halaman awal menu instalasi Linux Mint adalah menu pemilihan bahasa . Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada saat proses instalasi (disini saya memilih bahasa Inggris), kemudian klik Forward.

4. Pada pilihan zona waktu, klik pada peta atau pilihan kota untuk menentukan zona waktu yang ingin Anda gunakan, kemudian klik Forward.

5. Pada menu pilihan keyboard, default keyboard layout adalah USA. Jika masih belum yakin, silakan tes mengetikkan karakter pada boks yang telah disediakan. Setelah yakin dengan pilihan Anda, klik Forward.

6. Langkah selanjutnya adalah tahapan yang terpenting, yakni tahapan persiapan pembuatan partisi Terdapat beberapa pilihan pada menu ini, yaitu:
– Instal them side by side, choosing…… Pilih option ini jika Anda menginginkan installer yang secara otomatis menyiapkan struktur partisi untuk proses instalasi. Option ini akan merubah ukuran partisi X dan menggunakan partisi harddisk yang masih kosong.

– Erase and use entire disk. Option ini akan menggunakan seluruh kapasitas kapasitas harddisk yang ada untuk proses instalasi.

– Specify partions Manually (advanted) . Pilihan ini memberikan Anda kebebasan untuk membuat partisi secara manual. Selama dilakukan dengan hati-hati, pilihan ini tergolong aman. Sebagai latihan untuk membuat partisi, pilih option Manual lalu klik Forward.

7. Selanjutnya adalah halaman pembuatan partisi. Proses instalasi membutuhkan setidaknya 2 partisi, yakni partisi sistem dan partisi swap. Pada Gambar berikut terlihat partisi kosong sebesar +/- 13,5 GB. Klik pada bagian partisi kosong, lalu klik New Partition.

8. Tahapan pertama kita akan membuat partisi sistem. Tentukan besarnya ukuran partisi sistem yang ingin digunakan dalam kotak New partition size (dalam contoh ini partisi sistem diberikan ukuran 11156 MB atau +/- 11,5 GB). Pada option Use as, pilih Ext4 journaling sebagai tipe filesystem yang akan digunakan. Untuk pilihan Mount point, isikan dengan /. Setelah selesai, klik OK.

9. Langkah kedua adalah pembuatan partisi swap. Klik pada kolom device yang masih bertuliskan free space, lalu klik button New partition table.

10.Tentukan besar ukuran partisi swap yang ingin digunakan. Pada umumnya, besar partisi swap adalah 2x besar ukuran RAM. Pada option Use as, pilih swap area, lalu klik OK.

11.Proses pembuatan partisi sistem dan partisi swap telah selesai dilakukan. Hasilnya dapat terlihat seperti pada Gambar. Setelah yakin dengan pembuatan partisi, klik Forward.

12.Berikutnya adalah halaman Who are you? Anda diminta untuk memasukkan nama dan password yang akan digunakan pada sistem Ubuntu Anda. Untuk user, jangan gunakan wild character. Untuk password, isikan dengan gabungan karakter yang sulit ditebak namun mudah Anda ingat.

13.Selanjutnya adalah halaman Migrate documents and settings. Jika tidak ingin memigrasikan dokumen, klik saja Forward.

14.Pada halaman Ready to install Anda dapat melihat summary proses instalasi yang telah dilakukan. Klik Install.

15.Proses instalasi akan segera berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga tahapan instalasi ini selesai dilakukan. Setelah selesai, klik Restart Now.

16.Setelah PC di-restart, pada menu GRUB pilih Linux Mint 9 untuk segera masuk ke halaman desktop Linux Mint 9.

2 Comments to “Panduan Instalasi Linux Mint 9 (Isodora)”

  1. kalau untuk mengistal linuk mint 9 tu,, kapasitas hardis ny berap y? dan resulusi monitor ny berap?

    • Untuk harddisk di rekomendasikan 5 GB, tetapi 2 GB sudah bisa kok, Mengenai resolusi monitor 800 X 600 sudah oke. Untuk memori 256 juga sudah mampu. Mohon maaf baru membalas, lama tidak online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: