Melindungi Diri dari Mafia Internet

Apabila lampu untuk koneksi Internet berkedip dan hard disk berbunyi tanpa sebab yang jelas, sebaiknya periksalah sistem PC Anda. Lindungi PC Anda sebelum dijadikan sasaran.

Tentu Anda tidak ingin password atau nomor PIN rekening Bank Anda diketahui orang lain, bukan? Cegahlah pencurian data dengan sejumlah tips cermat, seperti beberapa tips yang dijelaskan berikut ini:

SISTEM OPERASI: Gunakan layanan update otomatis Windows sehingga sistem operasi Anda selalu aktual. Jangan hanya mengandalkan firewall atau antivirus saja, karena serangan pada sistem kadang mampu menembus mekanisme proteksi sistem antivirus tersebut.

APLIKASI: Update semua aplikasi yang terinstall di PC Anda secara teratur. Tidak hanya aplikasi browser dan software keamanan. Pasalnya, semakin banyak serangan sukses melalui format file semacam PDF, DOC, dan AVI. Sebuah antivirus yang bagus dan browser alternatif seperti Firefox memang merupakan awal yang baik, belum menjamin keamanan sepenuhnya.

ANTI SPYWARE: Banyak tool gratis seperti AntiVir tidak dapat menemukan spyware atau adware. Feature yang lebih optimal hanya tersedia di dalam versi komersialnya. Oleh karena itu, instalasi juga software proteksi seperti AdAware 2007 atau Spybot Search & Destroy, dan periksalah PC Anda secara teratur.

ANTI-SPAM: E-mail yang tidak diinginkan tidak hanya mengganggu, tetapi juga berbahaya. Oleh karena itu, sebuah paket proteksi lengkap juga harus memiliki sebuah spam filter yang optimal, selain sebuah email- client yang aman. Kami sarankan untuk menggunakan aplikasi Mozilla Thunderbird yang dikombinasikan dengan tools Spamihilator. Spamihilator dapat Anda gunakan bersama client lain karena ditempatkan seperti proxy transparan antara PC Anda dan e-mail-server.

KEAMANAN JARINGAN: Para pakar berdebat mengenai bermanfaat atau tidaknya sebuah aplikasi firewall. Namun, dalam satu poin mereka sepakat bahwa dari Internet tidak boleh ada akses ke layanan Windows. Oleh karena itu, kepada pengguna XP, kami sarankan untuk menghubungkan PC langsung ke saluran DSL dan mendeaktivasi tools layanan Windows. Dengan langkah tersebut, Anda mendeaktivasi semua layanan jaringan yang tidak perlu.

WINDOWS VISTA: Bagi para pengguna Vista Anda tidak perlu repot. Di sini tidak ada layanan yang dapat diakses dari Internet. Hal yang sama berlaku bagi pengguna jaringan rumah yang terkoneksi ke Internet melalui sebuah router (misalnya FritzBox). Network Address Translation (NAT) yang menghubungkan banyak PC dengan Internet melalui sebuah IP akan mencegah komunikasi langsung penyerang dengan sebuah PC.
(dikutip dari : chips, agustus 2008)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: