Menginstal Sistem Operasi Mac OS X 10.49 (Tiger)

What You Need :
– MacBook, iMac etc
– MacOS X Tiger

Mac OS mungkin bukan sistem operasi nomor 1 di dunia (yang konon saat ini masih dipegang oleh Windows dari Microsoft), tetapi tampilannya yang manis jelas banyak membuat orang kesemsem dengan sistem operasi satu ini. Tampilan dari Mac OS yang menakjubkan ini bahkan membuat orang berpikiran bahwa Microsoft telah menjiplaknya untuk sistem operasi besutannya “ Windows Vista  dan 7”. Apple sendiri sangat khawatir Sistem Operasi terbarunya (Mac OS X 10.6 “Leopard Snow”) juga akan dijiplak oleh Microsoft hingga dievaluasi peluncurannya menunggu setelah Windows 7 di lepaskan di pasaran. Tak perlu membuat perbandingan mengenai dua jenis OS ini, sekarang saya akan mencoba memberikan tutorial ringan mengenai SO operasi “cantik” ini dengan harapan untuk menambah pengetahuan Anda.

Untuk menginstal Mac OS X pada komputer, saat ini relatif lebih mudah. Perlu dijelaskan bahwa jika Anda menginginkan kenyamanan dalam menggunakan Mac OS X gunakan Komputer Mac, karena OS ini tidak akan berjalan maksimal di PC biasa. Penulis menggunakan MacBook dengan spesifikasi sebagai berikut :

– Memori 1GB RAM
– Hard disk 120 GB
– Prosesor Intel core 2 duo

Instalasi Mac OS X 10.49

Untuk menginstalasi Mac OS X Tiger pada komputer, ikuti tahap-tahap sebagai berikut :

1: Masukkan CD Instalasi mac Mac OS X Install ke dalam DVD tray, Double-click tombol Install Mac OS X icon.

Kemudian klik Restart . Maka jendela proses Instalasi akan terbuka begitu komputer selesai restart.

2: Tahapan proses instalasi Mac OS X. Pada tahapan pertama ini adalah pemilihan bahasa pemandu dalam proses instalasi. Pilihlah US English, karena OS ini belum / tidak menyediakan opsi bahasa Indonesia. Kemudian klik tombol Forward . Maka akan ditampilkan jendela Selamat Datang.

Program pemandu akan memberikan informasi mengenai proses instalasi. Lakukan sesuai dengan perintah yang di tampilkan.

3. Tahap berikutnya adalah pembuatan dan pemilihan partisi. Dimana pada panel “Select a Destination”, tentukan besar partisi yang akan digunakan untuk sistem dan dokumen. Disini saya membagi harddisk menjadi 3 partisi (80 GB, 20 GB dan 3 GB).

4. Tahapan berikutya adalah memilih tata cara instalasi Mac OS X, apakah Anda meng-instal baru atau upgrade. Klik tombol “ Options” untuk memilih “ Upgrade Mac OS X ”, “ Archive and Install ” atau “ Erase and Install .” Pilihkan salah satu jenis proses instalasi yang akan dilakukan oleh Mac OS X dan Klik tombol OK. Klik tombol “Contonue” jika semua telah siap untuk melanjutkan proses instalasi Mac OS pada tahap berikutnya.

5. Lalu untuk memilih paket software yang akan di instalasi (additional software packages to install), Anda juga bisa menambahkan paket software setelah proses instalasi selesai.  lalu klik done.


Setelah proses instalasi usai, komputer meminta anda untuk me-restart komputer. Setelah komputer menyala maka akan ditampilkan jendela setup assitant yang akan membantu anda menyeting sistem pada komputer. Setup assitant akan membimbing anda mengenai jenis transfering informasi, membuat ID Mac, member, membuat user account, menyeting koneksi internet dan mengisikan number lisensi pada Mac OS. Selanjutnya “selamat datang di dunia Machintos”.

7 Responses to “Menginstal Sistem Operasi Mac OS X 10.49 (Tiger)”

  1. waduh masa kayak gitu

  2. saya masih bingung nih cara instal Mac di PC saya.!
    saya cb memilih paket software yang akan di instalasi tp selesai instal kok ada tulisan banyak banget di layar.?
    kata’x harus di sesuaikan sama spek komputer kita.!
    lebih bingung lagi cara pilihan paket software’x saya gak ngerti sama sekali.!
    saya cb tunggu monitor malah mati gak.!
    tolong donk bantuan’x.!
    ttrims

    • Untuk menginstal Mac di PC anda bisa menggunakan Hachintos yang sudah di modifikasi oleh hacker. Tetapi cara ini tentu saja Ilegal. Setahu saya MacOS X hanya di peruntukkan untuk komputer produksi Apple. Meskipun bisa di PC tapi sedikit perjuangan dan ada beberapa fitur yang tidak bekerja. Seperti Wifi dll.

  3. mas..bisa ndk kalau OS MAC di instal pada PC LAPTOP Atau harus komputer apple aja ?

    • Kalo kepengen mencoba MacOS X di PC biasa, Anda bisa menggunakan Hackintos http://www.hackintosh.com/ (MacOS ala hackker). Anda bisa downloads di internet file ISO-nya (untuk link mohon maaf saya tidak bisa memberikan karena berkaitan dengan hak cipta). Tetapi beberapa fungsi (seperti wifi, bluetoth) terkadang tidak berjalan dengan baik. Jika Anda ingin menggunakan MacOSX dengan lancar tentu Anda mesti menggunakan komputer mac yang mahal.

  4. halo mas.. masih punya cd mac os 10.4 nya ga ? kalo boleh tolong di copy , nanti saya bayar.. yang punya saya cd nya retak. thx

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: